Kamis, 19 Mei 2016

[Webtoon] Fluttering Feelings (설레는 기분)


Sekarang lagi booming yang namanya webtoon di tanah air. Buat yang para intovert atau orang males keluar rumah, bacaan yang kini bisa di akses melalui ponsel itu jadi sebuah jalan keluar dari kebosanan. Yang biasanya membusuk dirumah cuma nonton tv atau bosen nge-gaming terus, sekarang udah enggak lagi deh. Enggak perlu juga jalan ke Blok M atau Senen buat beli komik, karena sekarang udah ada digenggaman kita. Tapi saya disini bukan untuk promosi webtoon ya hehe.

Sebelum ke topik saya mau sharing tentang webtoon. Kebanyakan dari kita suka mencampur aduk antara webtoon dan manhwa. Nah ini yang mau saya lurusin. Manhwa sendiri artinya komik dan tentu saja sama seperti komik-komik pada umumnya yang disajikan dalam buku alias kertas. Seperti penyebutan manga di Jepang, nah kalo Korea itu penyebutannya manhwa. Sampai sini paham ya? Kalau webtoon artinya komik digital. Sudah saya garis bawahi, kata digital yang berarti disajikan dalam gadget. Tidak dijual berupa kertas/komik pada umumnya. Walaupun ada beberapa webtoon saking suksesnya akhirnya diproduksi menjadi manhwa bahkan drama.

Webtoon sendiri emang lebih populer dibandingkan manhwa di Korea. Maklum aja disana kan perkembangan teknologi sudah seperti kacang, mudah ditemukan dimanapun. Belum lagi ditambah kecepatan internetnya negeri Ginseng itu, aduhh lengkap sudah. Oke back to topic, selain simple bacanya webtoon juga umumnya colorful atau berwarna. Sebenarnya sebelum ada Line Webtoon, untuk mengakses webtoon itu cukup sulit. Apalagi sangat terbatas untuk yang english version. Dulu biasanya yg niat banget mau baca webtoon, harus gali-gali Naver (portal website internet Korea) untuk menemukan yang berbahasa inggris. Bahkan beberapa website yang menyediakan berbagai webtoon yang telah di terjemahkan kini di tutup. Misalnya, mungkin kalian masih heboh dengan webtoon Orange Marmalade yang diangkat menjadi drama oleh KBS. Padahal saya pribadi udah pernah baca webtoon itu sebelum digandrungi oleh abege-abege kepop ckck disebuah website webtoon berbahasa inggris.

Dari sekian webtoon yang ngambang disana-sini, yang mau saya bahas ialah webtoon berjudul 설레는 기분 atau dibaca seolleneun gibun. Atau dengan judul bahasa inggrisnya yakni Fluttering Feelings. Pasti kalian yang biasanya mengandalkan aplikasi hijau itu masih asing dengan judulnya. It's ok, webtoon ini emang belum disediakan mengingat genre-nya terbilang sensitif. Terus dimana saya baca?


Berawal kisah No-rae yang baru aja kembali ke dunia perkuliahannya dari Australia. Gadis berambut cokelat berkepribadian ceria itu kemudian tidak sengaja bertemu dengan primadona kampus bernama Seol-a. Perawakan Seol-a yang semampai dan anggun bagai model (dan ternyata dia pernah jadi model) membuat ia speechless. Kemudian kisah berlanjut hingga pertemanan mereka yang tanpa mereka sadari menjadi sebuah perasaan tidak biasa.

I don’t want to put in all that effort, just to make up an excuse to run with it. If possible, I want to become a wound that’s so badly scarred that you’ll be bothered whenever you see it.”

Oke FF (singkatan Fluttering Feelings) memang bergenre yuri, tapi webtoon yang legalnya diakses di Comico ini gak sama seperti manga yuri trash yang dikit-dikit bersemu merah. Ssamba selaku pembuat menggambarkan dua insan terutama dua wanita jatuh cinta serealistis mungkin. Terutama di Korea yang juga masih menganggap lesbian adalah tabu. Bagaimana persahabatan mereka terjalin, pertemuan yang tidak disengaja, keinginan untuk saling menjaga bahkan tetap bersama juga digambarkan begitu nyata dengannya. Saya juga suka bagaimana Ssamba menggambarkan bahwa jatuh cinta dengan wanita itu bukanlah sebuah pilihan, bahkan bila memang sebuah pilihan tentu saja itu adalah pilihan paling sulit dimuka bumi. Di salah satu chapter untuk membuang perasaan itu No-rae bahkan memutuskan untuk menjauh dari Seol-a. Berharap benih-benih perasaannya akan hilang dan mati. Lain hal nya dengan Seol-a yang sadar, bahwa alasan ia jatuh cinta bukan karena No-rae seorang wanita, tetapi karena No-rae lah adalah orang yang membuat ia merasakan ada kupu-kupu didalam perut. Dan kebetulan saja No-rae adalah seorang wanita.


Selain segi cerita yang realistis, olahan tangan Ssamba juga menjadi bonus tersendiri. Tengok aja tokoh utama yang anggun dan cute. Sayangnya variasi antar tokoh yang kemudian semakin bertambah (tapi gak sebanyak tokoh drakor apalagi Uttaran) cenderung sedikit. Karna kita akan menemukan kemiripan antar tokoh. Tak jarang saya suka sebel kok banyak juga yang mirip =_=

Ada banyak momen yang bisa membuat kita menggelitik, bahkan membuat kita meneteskan mata. Semua ada dan benar-benar komplit dan logis. Jadi, terakhir saya mau berterima kasih kepada Ssamba yang kini sedang rehat dan membuat FF sementara di pending update-an nya huhuhu.. Dan kepada translator Halmonie yang menerjemahkannya begitu rapi. Kita tunggu kelanjutan kisah dua mahasiswi itu Ssamba-nim~~ Cepatlah engkau kembali~~ wkwk 

Nah buat teman-teman yang mau membaca silahkan di cek akun Fanpage FF : https://www.facebook.com/FlutteringFeelings

Oh ya, saya udah bilang kan FF ini masih ongoing? Saya juga berharap mudah-mudahan FF bisa dibuat menjadi manhwa atau bahkan diangkat menjadi drama. Yaaa minimal webdrama lah ya ckck. Well, sampai bertemu di posting-an selanjutnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar